Beranda » Artikel » Kemenag akan Terbitkan Standar Layanan Umrah,Tahun 2017

Kemenag akan Terbitkan Standar Layanan Umrah,Tahun 2017

T Diposting oleh pada 16 February 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 596 kali

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama melaui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, segera menerbitkan standar pelayanan minimum umrah pada tahun ini. Meski telah ada dalam Peraturan Menteri Agama (PMA), aturan standar pelayanan minimum ini akan dibuat lebih detail.

Direktur Pembiaan Haji dan Umrah Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Muhajirin Yanis, menuturkan, standar pelayanan minimum yang ada saat ini, baru untuk haji khusus. Standar pelayanan minimum umrah sudah setahun lalu dibahas dan difinalisasi dan diharapkan pada 2017 ini bisa keluar.

Standar pelayanan minimum umrah ini akan diatur dalam  PMA. Karena itu, poin-poin yang disebutkan tadi lebih banyak diatur dalam PMA dan itu yang kemudian jadi pedoman bagi penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU).

“Dalam PMA 18/2015 tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah sudah diatur seperti standar penerbangan satu kali transit, hotel setara bintang tiga, makan harus prasmanan. Tapi ada hal-hal lain yang harus diatur lebih detil,” kata Muhajirin di sela-sela Munas Kesthuri di Depok, Jawa Barat, Senin (13/2).

Diakui Muhajirin, sempat ada permintaan ke Kemenag untuk menentukan harga minimal paket perjalanan umrah. Tapi Kemenag sebagai pemerintah tidak berwenang menetapkan angka, tapi mengatur standar.

Nanti, standar layanan minimal umrah ini akan diatur lebih rinci lagi. Sehingga saat ada standar yang dilanggar oleh PPIU, di sana baru Kemenag memberi sanksi berjenjang berupa teguran lisan, tertulis, pembekuan izin, hingga pencabutan izin PPIU.

Dalam seminar sebelum acara pembukaan Munas Kesthuri, Muhajirin mengatakan, paket umrah murah berpotensi menciptakan iklim bisnis tidak sehat. Tapi, itu ranah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk meluruskan, bukan Kemenag.

Kesulitan lembaga negara adalah hanya bisa mengatur dan mengawasi yang berizin. Umrah memang urusan ibadah. Tapi dalam praktiknya saat ini, PPIU sudah jadi industri dan melibatkan banyak ranah. Sehingga bila ada masalah, tidak sepenuhnya jadi ranah Kemenag.

Menurut dia, pertanyaan tentang persaingan usaha PPIU terus ada. Sebab masih ada PPIU yang menetapkan harga paket perjalanan umrah tidak rasional.

“Jangan terpengaruh dengan yang seperti itu, PPIU yakin dengan layanan yang diberikan. Niatkan PPIU memberi layanan, bukan profit yang utama,” pesan Muhajirin    (sumber:Republika/ihram.co.id)

Komentar dinonaktifkan: Kemenag akan Terbitkan Standar Layanan Umrah,Tahun 2017

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Kemenag akan Terbitkan Standar Layanan Umrah,Tahun 2017

Umrah diharuskan Meningitis

T 16 February 2017 F A anshor

Vaksin bagi calon jamaah Umrah dan Jamaah Haji  bukan  cuma melindungi mereka yang akan berkunjung tapi juga negara setempat Vaksin meningitis merupakan pedoman resmi yang dianjurkan (diwajibkan) oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi jika ingin mengajukan visa Umrah dan Visa Haji.... Selengkapnya

Kebijakan PPN 5%Arab Saudi berlaku mulai 01januari2018

T 29 December 2017 F A anshor

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab secara umum, yang semula menerapkan bebas pajak  , untuk per 01j-januari 2018 akan  menerapkan 5%  pajak atas sebagian besar barang dan jasa untuk meningkatkan pendapatan utama yang berkontribusi  terhadap penguatan anggaran pendapatan negara. PPN/Pajak... Selengkapnya

Umrah Program: Jum’atain bersama KH.Al-habieb Abdul Qodir Zen Al-Jufry

T 16 February 2017 F A anshor

Biro penyelenggara Umrah dan Haji PT Al-Anshor Tour and Travel Tuban,  Telah melibatkan majelis taklim dan pondok-pondok  pesantren, termasuk Yayasan: Al-Istiqomah Pimpinan  KH.Al-habieb Abdul Qodir Zen Al-Jufry  yang berada di daerah Baureno, Bojonegoro  untuk  mem-follow up  paket umrah dan haji .... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Dapat menghubungi customer service untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya

Jl.Bojonegoro-Jatirogo,Selogabus, Parengan
Tuban, Jawa Timur
photo anshortravel@gmail.com
photo (353)5254028
photo 0818386961